Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik

Bookmark and Share
Metode Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik - Budi daya ikan lele merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan cukup mudah dan pangsa pasar yang luas dan banyak yang membutuhkan, lihat saja buktinya hampir disetiap pinggir jalan banyak sekali warung kaki lima pecel lele maupun di restoran-restoran di sudut kota di Indonesia ini.

Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik

Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik


Maka dari itu banyak orang yang ingin mengetahui Metode Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik untuk usaha dan bisnis mereka.  Sedikit mengenal mengenai Ikan Lele di Indonesia, Ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah). Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka), ca tre trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Hewan yang di Amerika Serikat disebut Cat Fish ini benar-benar berpotensi memuaskan hobi memelihara binatang dan mendatangkan pemasukan tambahan bagi Anda.

Berapa modal untuk Bisnis dan Usaha Budi daya ternak Ikan Lele? sebetulnya cukup murah, malah dengan uang sebesar 500.000 anda sudah bisa memulai untuk bisnis usaha lele ini.  Tetapi dengan syarat anda mempunyai sendiri tanah / lahan kosong yang cukup luas, minimal 3 x 6 meter.  Tetapi ini diluar biaya membuat kolam yang baik itu terpal lele atau membayar orang untuk mengeruk lahan kolam ikan lele.

Adapun beberapa hal singkat yang perlu diperhatikan dalam Cara Beternak Ikan Lele yaitu :
  • Persiapkan Kolam Lahan Anda minimal ukuran 3 x 6 meter
  • Kemudian keruk lahan tersebut untuk membuat kolam.  Dalam mengeruk perhatikan juga ukuran nanti untuk rangka terpal ikan lele, karena saat ini selain dengan menggunakan bambu sebagai rangka terpal sekarang banyak yang menjual rangka terpal lele dari beton yang sudah jadi.  Maka dari itu ukuran menjadi hal yang sangat penting.
  • Setelah itu pasang rangka terpal dan terpal.  Masukkan air dan ikan lele anda.
Beberapa hal lain dalam Metode Budidaya Ternak Lele Cara dan Teknik yaitu :
  • Kolam yang dipakai kolam tembok atau terpal dengan ukuran 10m2 atau contoh 2x5meter dengan tinggi sekitar 1 meter.
  • Bibit yang dipakai adalah ukuran 7/8
  • Padat tebar 100 ekor/m2 (untuk beginner) dan maksimal 150 ekor/m2 yang sudah profi
  • Tidak dilakukan pergantian air selama masa budidaya, kecuali karena penanggulangan penyakit
  • Lele panen pada ukuran 7-8ekor/kg
Baca selengkapnya Teknik Beternak Ikan Lele Lanjut.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar